Penjelasan Ending Film Donnie Darko

36 comments
penjelasan film donnie darko

Penjelasan Ending Film Donnie Darko

Salah seorang teman saya kemarin baru saja menonton film Donnie Darko dan bingung seperti apa sebenarnya ending dari film tersebut. Saya rasa kebingungan setelah menonton film Donnie Darko memang sangat wajar, karena film ini adalah salah satu film twist ending yang sangat fenomenal bahkan menjadi salah satu Cult Movie paling terkenal. jujur saja saya sendiri harus menontonnya berulang kali dan sampai sekarang belum mengerti sepenuhnya tentang film ini. namun karena request saya akan mencoba memberi penjelasan bagaimana ending film ini. penjelasan ini saya dapat dari www.donniedarko.org.uk

Jika anda belum pernah menonton film ini, saya sarankan anda untuk menontonnya terlebih dahulu karena akan lebih mudah untuk anda pahami nantinya.

Keterangan awal  :
PU     = Primary Universe (dunia nyata)
TU     = Tangent Universe (dunia paralel / copian dari dunia nyata)
PoTT = Buku berjudul 'Philosophy of Time Travel' yang ada di dalam film
TLR   = The Living Reciver / Orang yang terpilih sebagai penyelamat


Tangent Universe

Di dalam PoTT dikatakan bahwa 'ruang waktu' sewaktu-waktu dapat saja tidak stabil dan rusak. Ketika itu terjadi, sebuah TU akan tercipta. Sebuah TU bersifat sangat tidak stabil dan biasanya hanya akan  hancur dalam beberapa minggu saja dan akan menciptakan sebuah Black Hole atau lubang waktu yang dapat menghancurkan PU.

hal itulah yang terjadi di dalam film, 'ruang waktu' rusak dan menciptakan sebuah TU pada tanggal 2 Oktober ketika sebuah mesin jet jatuh entah dari mana. dan dunia yang kejatuhan mesin jet itu adalah sebuah TU. tidak ada penjelasan apa penyebab terjadinya TU tersebut, hal ini tidak dijelaskan di dalam film.


Material

Mesin Jet di Film Donnie Darko
Berdasarkan PoTT saat sebuah TU tercipta, maka suatu material akan muncul secara tiba-tiba sebagai tanda bahwa TU telah tercipta. dalam PoTT juga dijelaskan bahwa material biasanya terbuat dari air atau metal. dalam film ini material yang muncul adalah sebuah mesin jet. material ini lah yang mebuat TU tidak stabil karena material ini sebenarnya tidak berasal dari TU melainkan dari PU yang masuk ke TU karena telah terjadi kesalahan dalam pengcopian TU, dan seperti yang dijelaskan sebenarnya jika TU hancur maka akan berbahaya bagi PU. satu-satunya cara agar PU bisa selamat adalah dengan mengirim kembali material ke asalanya agar lubang waktu tidak tercipta dan TU bisa hancur tanpa membahayakan PU.


The Living Receiver

The Living Receiver adalah seorang yang terpilih untuk menyelamatkan PU ketika TU tercipta. TLR terpilih secara acak, di dalam film Donnie adalah orang yang terpilih sebagi TLR dan memiliki misi untuk mengembalikan material kembali ke PU dan menyelamatkan PU.

orang yang terpilih biasanya akan mendapat kekuatan super untuk membantunya dalam menuntaskan misi, seperti kekuatan besar, telkinesis, dan kekuatan mengendalikan air dan api. bukti dari kekuatan super doni tejadi ketika dia :
  • menancapkan kapak ke patung perunggu yang sangat keras.
  • memunculkan api untuk membakar rumahJim Cunningham.
  • membanjiri sekolah dengan air. dan membuat lubang waktu dengan air
  • dan melakukan telekinesis saat melepas mesin jet dari pesawat pada akhir film.
Donnie tidak merasa aneh dengan kekuatannya dan bahkan tidak menyadari bahwa dirinya berada di sebuah TU. dalam film setelah membaca PoTT barulah Donnie sadar bahwa dia berada di TU.


Manipulasi Kematian

setiap orang yang berhubungan denga TLR di TU akan mengalami manipulasi kematian. setelah mati mereka memiliki kekuatan untuk menjelajahi waktu dan membantu TLR menyelasikan misinya.

Frank adalah salah satu yang mati di TU sehingga mengalami manipulasi kematian, ia pun kembali kemasa lalu untuk membantu Donnie. hal pertama yang harus dilakukan Frank adalah menyelamatkan DOnni dari kejatuhan jet (dalam film Frank membangunkan Donnie dan membuatnya berjalan keluar rumah sehingga selamat dari mesin jet).

Manipulasi Kehidupan

Donnie dan Gtretchen
semua orang yang berhubungan dengan Donnie di TU mengalami manipulasi kehidupan sehingga mereka mendorong Donnie untuk menyelesaikan misinya dengan memberi petunjuk-petunjuk kapada Donnie, contohnya pacar guru fisika Donnie yang memberikan buku PoTT kepada Donnie sehingga ia mengerti apa yang sedang terjadi.


Jebakan

Frank mati di Donnie Darko
 Jebakan yang telah dipersiapkan oleh orang yang telah mengalami manipulasi kematian yaitu Frank, di TU Frank membuat Donnie membanjiri sekolah sehingga ia bisa berjalan bersama Gretchen dan berpacaran, dia juga yang menjebak Donnie datang kerumah Mrs. Sparrow dimana Frank yang masih hidup muncul dan membunuh Gratchen sehingga Donnie marah dan membunuh Frank dan Frank dapat mengalami manipulasi kematian dan kembali ke masa lalu untuk membantu Donnie.


Akhir FIlm Donnie Darko

ending film donnie darko
Di akhir film sebuah pusaran awan muncul di atas rumah Donnie. Donnie telah mengetahu apa yang harus ia lakukan. Donnie lalu pergi ke atas bukit untuk dapat melihat pusaran itu dengan jelas, pesawat jet dengan mesin yang sama telah dimanipulasi sehingga terbang melewati pusaran tersebut, lalu Donnie melepas mesin jet dengan kekuatan telekinesis dan membuat portal waktu untuk mengirim kembali ke PU.

sementara itu di PU waktu masih berada pada tanggal 2 Oktober, dan Donnie yang berada di PU terbangun dari tidurnya seolah telah bermimpi tentang apa yang akan terjadi di TU jika ia selamat dari mesin jet, itulah mengapa Donnie tersenyum setelah terbangun dari tidur. Donnie memutuskan untuk mengorbankan dirinya saat kejatuhan mesin jet karena dia tahu jika ia selamat maka skenario yang terjadi di TU akan terulang lagi di PU dan Gretchen terbunuh.
gretchen dalam film donnie darko
sedangkan orang yang terhubung dengan Donnie di TU juga juga mengalami mimpi yang sama dengan Donnie di PU itulah mengapa ada adegan dimana Frank terbangun dan memegang matanya, Jim Cunningham yang menangis karena ia tahu bahwa bisnis porno di bawah umurnya akan ketahuan, dan Gretchen yang melambaikan tang kepada ibu Donnie karena tahu apa yang akan terjadi jika Donnie selamat, semua itu mereka ketahui karena mereka memimpikan hal yang sama dengan Donnie.

nah penjelasan diatas adalah salah satu penjelasan yang paling masuk akal dari film ini. ya seberanya film ini memang tidak dapat di jelaskan sama sekali, karena memang itulah tujuan dari sang sutradara. inilah yang membuat film ini menjadi salah satu Cult Movie paling fenomenal.

36 comments

Makasih banget min penjelasannya... Awalnya gue mulai agak ngerti pas terakhir, ternyata itu bukan skizofrenia, ternyata emang beneran kejadian, dan dia emang bisa pake wormhole beneran, eeh setelah baca reviewnya jadi makin jelas deh, ternyata ada semacam dunia paralel dll. makasih banyak yaa miin

Dan kemana aja gue selama ini baru tertarik nonton. Thanks penjelasannya.

Dan kemana aja gue selama ini baru tertarik nonton. Thanks penjelasannya.

Saya punya teori sendiri bahwa sebenarnya Donnie tewas ketika mesin jet itu jatuh tepat dikamarnya... Lalu adegan2 yg terjadi setelahnya, dimulai dari Donnie terbangun di lapangan golf sampai dia menyaksikan badai angin topan dari atas bukit, hanyalah kumpulan2 dari mimpi2 dari Gretchen, Cunningham, Framk dll... Adegan yg dimulai dari keluarganya menangisi kematian Donnie adalah momen dimana kita kembali ke dunia nyata

hai bibeh, kita membaca penjelasan yang sama hihi

Wiihh baru ngerti gw, keren banget penjelasannya, thanks gan! 👍

We baru nonton nih masih muda banget Jake glynhall dan dia ternyata Dr muda cocok meranin akting org aneh kaya film barunya demolition 😂

Mirip final destination kalau pendekatannya mimpi

Mirip final destination kalau pendekatannya mimpi

Joy Division yg membawaku ke film ini. Sial kenapa gak dari dulu

Dunia Parallel dan waktu y, sedikit identik atau mungkin mirip dng Interstellar nya nolan..
film yg bkn bwt hiburan, tp pemikiran.. maknyoss

Pendapatku Donnie udah mati kena baling2 pesawat,,, kejadian selanjutnya adalah khayalan Donnie DLM mimpi sblum mati,,, itu doni dianggap manusia aneh ma orang2 makanya membuat mimpi yg menjadikan dirinya pahlawan,,, bebas menafsirkan mnurut pandangan masing2

Setelah liat penjelasannya, ternyata fix ini film menyedihkan, apalagi soundtracknya endingnya kalau diingat" bikin sedih. Btw thanks min penjelasannya

keren banget gan, penjelasannya..
jake gilenhal masih remaja dan ada ibu guru yg cantik bgt.

setelah membaca penjelasan ini, saya jd tahu kalau film ini merupakan film yg keren. terima kasih atas penjelasannya, mungkin kalau boleh bisa diperbaiki lagi artikel dan tulisannya supaya lebih enak dibaca. contohnya seperti penggunaan huruf besar dan kecilnya. hehe.

www.jagongsinopsis.com

Buset jelimet amat gan jelasinnya. Padahal maksud gilm nya simple bgt... si donny itu sakit psikotik. Hampir semua film isinya tentang khayalan si donny dgn hari2 yg sempurna. Bertolak belakang dgn kenyataannya dia yg sedih. Ini film drama kenapa jd dunia pararel begituu. Si frank juga teman khayalan kn gan. Di merintah2 gtu kalo org delusi ya gitu ada teman hayalan. Ini film sedih bgt apalagi liat hub dia sama bapak ibu nya. Aduhh. Si cewek grechen juga hayalannya dia ajaa. Endingnya emg dia mati ketiban baling2. Ini murni kisah gangguan jiwa gan

Buset jelimet amat gan jelasinnya. Padahal maksud gilm nya simple bgt... si donny itu sakit psikotik. Hampir semua film isinya tentang khayalan si donny dgn hari2 yg sempurna. Bertolak belakang dgn kenyataannya dia yg sedih. Ini film drama kenapa jd dunia pararel begituu. Si frank juga teman khayalan kn gan. Di merintah2 gtu kalo org delusi ya gitu ada teman hayalan. Ini film sedih bgt apalagi liat hub dia sama bapak ibu nya. Aduhh. Si cewek grechen juga hayalannya dia ajaa. Endingnya emg dia mati ketiban baling2. Ini murni kisah gangguan jiwa gan

bukan film ttg gangguan psikologis bro, ini film sci-fi. the best cult movie i've ever seen

Kamu terlalu lemah untuk memahami film ini lebih dalam. Lebih baik diam saja.

wtf ternyat begitu alurnya. shit ane nonton ini film sampe setengah eneg. thanks gan

Aku pikir yang keren plot twistnya itu Fight Club sama Shutter Island, sebelum akhirnya aq nonton film Donnie Darco ini... mantap, pusing pala barbie

bila hanya film tentang gangguan jiwa,bagaimana menjelaskan si sutradara atau penulis naskahnya menampilkan adegan Philosophy of Time Travel dan adegan pertama dan terakhir saat bagian pesawat jet jatuh?

donnie sebenernya selamat waktu rumahnya ketiban mesin pesawat.cuma dia gs rela adik n ibunya tewas makanya dia berusaha mati2an utk memanipulasi waktu yg cuma bisa dilakukan hny dlm waktu sebulan itu.kenapa dia harus tewas mgkn krn dia ga sanggup lg menanggung penyakitnya yg kronis. soal bunuh diri ini sy cm menghubungkan dgn ostnya yg Joy Division

Tapi gan kenapa cuma frank yang bantu donnie? bukannya pacarnya juga mati? malah mati duluan. Kenapa meraka berdua gak pergi ke masalalu dan bantu donnie?

Penjelasan yang bagus, sesuai juga dengan apa yang saya tangkap di fim ini.
Namun satu yang menjadi ganjaan saya..
Kenyataan dari teman sekolah jahat nya yang senang pakai narkoba dan latar belakang pacar nya Donnie yang berantakan karena ayah tiri nya yang jahat takkan berubah walau si Donie mengorbankan diri untuk mati agar tidak terjadi looping waktu.
Kenapa dia tidak mengubah takdir dengan tetap hidup, menghindari semua kejadian buruk yang akan menimpa, melindungi pacar nya dari semua hal negative seperti ayah tiri nya yang jahat dan gangguan teman sekolah nya pecandu narkoba ?
Toh saat dia bangun, dia ingat semua hal buruk yang akan terjadi bukan ?
Dia bisa membuat semua kehebohan di sekolah dihentikan, yang mengakibatkan guru nya dipecat.
Dia bisa melarang orang tua dan adik nya untuk berangkat, atau membuat adik nya tampil buruk agar tidak diundang kompetisi lanjutan.
Dia juga bisa tidak membuat Party di rumah nya.. atau tidak membawa pacar nya ke rumah si nenek tua sehingga pacar nya mati terlindas, dan dia menembak Frank ?

Ingat satu hal..
Semua kekacauan di film ini.. Adalah KARENA PERBUATAN DONNIE DARKO SENDIRI..
Semacam sebab akibat.. Kalau dia menghindari semua sebab nya..
Keseluruhan masa depan akan baik baik saja bukan ?

Tidak ada Kondisi Paksaan bahwa Donnie harus mati untuk memperbaiki semua nya..
Looping waktu melalui mesin pesawat yang terjatuh, itu juga karena perbuatan Donnie sendiri kan ?

Saat dia tetap hidup dan memastikan semua baik baik saja, tidak membuat looping waktu lagi.. Bukan kah sudah cukup membuat looping waktu berakhir tanpa harus mengorbankan diri nya sendiri ?

Maaf.. Menurut saya pribadi.. Faktor ini membuat film Donnie Darko masih dibawah "The Buterfly Effect" dalam hal membuat jalinan cerita kuat bertema Looping Waktu dan Hukum Sebab Akibat..

#Ini opini dari saya.. Terima kasih..

Coba pergaperha dengan seksama dialog dan secene antar karakternya, terutama untuk dialog dan scene saat Donnie membahas Time Traveler dan Paralel Universe dengan guru Fisika-nya. Jika bisa jangan fokus kepada subtitle Bahasa Indonesia, dengarkan saja audio atau pakai subtitle berbahasa ingggris. Dalam dialog dan scene tersebut dengan sangat jelas kenapa Donnie harus memilih untuk mati atau mengorbankan dirinya. Sekian dan terimakasih.

wow keren nih makasih atas penjelasannya thor cm msh ada 1 yg mengganjal yaitu scene dmn ortu donnie ngobrol berdua di kasur hotel yg membicarakan ttg kematian donnie akibat kejatuhan mesin jet. scene di hotel tsb kan tjd di TU dan sdh jls di TU, donnie selamat. namun mengapa ortunya membicarakan kematian donnie ya? kematian donnie kan hanya tjd di PU.

aku geleng gelang setelah nonton filmini, tapi penasaran kesimpulan dari keseluruhan film ini tuh apa. langaung ku cari digoogle dan ketemu artikel ini. kubaca lalu aku baru sadar kalo film ini tuh menarik banget anjir. kaga ketebak endingnya. dan ini adalah film kesekian yg membuat otakku terus terus berfikir.

Sudut pandang ane: alur film ini persis seperti film Mr. Nobody, hanya saja lebih sederhana. Jadi Donald Darco dihadpkan dua pilihan, 1.apa yang terjadi jika dia memilih tetap hidup (adik dan ibunya mati, pacarnya mati, guru2nya dipecat, dan dirinya akan ditangkap polisi), dengan 2. Apa yang terjadi jika dia tidak mengikuti setiap perintah dan suara Frank yaitu kebalikan dari itu semua. Dia diberi waktu 28 hari untuk menentukan pilihan tersebut. Jika dia memilih hidup semua yang terjadi seperti 28 hari sebelumnya akan terjadi karena setiap orang mengikuti takdir (ditunjukkan seperti cacing dari air yg selalu diikuti orang jika bergerak). Dan jika dia memilih mati semua kejadian berantai yg jadi akibat perbuatannya, tidak akan pernah terjadi.... dan dia memilih mati

Masih keren interstellar sih menurut gw..
Klo pingin yg lebih bingung lGi, coba liat memento... Walah.. Pusing kepala lu bebh

Akhirnya ngerti dikit

Yang bikin aku nonton film ini sampai selesai adalah rasa penasaran tingkat tinggi. Dan....setelah baca review ini saya jadi tidak mengerti. Mendinglah. Daripada sangat tidak mengerti.

Penjelasan yang menarik, saya pun bisa tertidur dengan tenang

back to top